Sabtu, 14 Agustus 2010

kenikmatan

ngomong-ngomong kenikmatan wah tidak akan pernah kita bisa menghitungnya,.mulai nikmatnya mata yang masih bisa melihat begitu banyaknya warna. telinga yang bisa mendengar beribu-ribu jenis suara,.nikmtany kaki yang bisa digunakan untuk menjelajahi luasnya jagat raya.
nikmatnya tangan yang dengan keduanya kita bisa merangkul, berjabat tangan, membelai,emm membubuhkan tanda tangan..nikmatnya mulut yang bisa untuk mengeluarkan rangakian kata-kata indah atau merusak.
dan masih banyak lagi, bahakn jika laut dijadikan sebagai tinta untuk menulis kenikmatan yagn kita dapatkan dari Allah maka tidak akan pernah cukup..
akan tetapi ada dua hal kenikmatan yang sering kita lupa atau bahkan tidak tau, yaitu :
  1. kenikmatan waktu
  2. kenikmatan untuk menolak sesuatu yang jelek; rasa curiga, iri, dengki, kikir, riya'
berbicara waktu maka aku teringat  akan sabda Rasul, yang mengatakan kurang lebih demikian;

jaga lima perkara sebelum datang lima perkara :
perkara pertama;
jaga masa mudamu sebelum datang masa tuamu
masa muda adalah masa dimana kita memiliki tubuh yang kuat, pikiranb yang mampu menampung banyuak ilmu,.masa muda merupakan masa yang penuh energi, karena itu pergunakan sebaik mungkin ketika kita muda dengan banyak2 menuntut ilmu sehingga ketika datang masa tua kita tidak menjadi orang tua yang bingung disebabkan persiapan yang terlewatkan disaat muda.

perkara kedua;
jaga masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu
kita akan merasakan betapa mahalnya sehat itu manakala sakit sudah menyapa dan berhenti sejenak di tubuh kita,,yah walaupun sakit itu ringan serpeti flu tapi bikin makan dan tidur tidak enak..so sobat selagi sehat gunakanlah kesehatan itu dengan baik, sehingga hidup kita lebih bermanfaat.

perkara ke tiga ;
jaga masa kayamu sebelum datang masa sempitmu
seringkali ketika kita berada pada posisi puncak kiata lupa siap kita, baru ingat saudara, kawan ketika kita jatuh..dan pada saat jatuh seolah-olah dunia ini mau kiamat..tetapi ketika kaya kemanakah kita, apa saja yang sudah kita berikan untuk mereka yang benar benar membutuhkan uluran tangan kita..
hmmmm..jawabannya ada pada diri kita.

perkara ke empat ;
jaga masa senggangmu sebelum datang masa sibukmu
untuk urusan yang satu ini seringnya kita menjadi orang yang paling sibuk sehingga lupa dimana kita, siap orang-orang disekitar kita..tapi pada saat senggang dan tidak punya kesibukan,kita seringnya menjadi orang yang gampang emosi, putus asa..
wah kalau sampe itu terjadi maka segeralah ingat bahwa masih banyak hal lyang bisa kita lakukan.

perkara ke lima ;
jaga masa hidupmu sebelum datang matimu
urusan umur maka yang sering ditakuti adalah kematian, kenapa kita menjadi takut mati karena hidup kita hanya dipenuhi dengan membuat kerusakan baik merusak diri sendiri ataupun orang lain..
kata pak hafad dalam film laskar pelangi "hidup itu banyak-banyaklah memberi,". dengan banyak memberi hidup lebih tenang, lebih bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar